Cara Gampang Belajar Menggunakan VPS Linux

Akhir-akhir ini VPS sudah menjadi sesuatu hal yang tidak asing lagi, kata itu hampir sering ditemukan di berbagai macam forum dan grup online, seperti facebook, google plus, kaskus maupun forum-forum lain yang khusus membahas tentang fungsi dan cara menggunakan VPS terutama linux.

Kenapa tutorial VPS linux sangat merajalela?

Menurut pendapat saya karena tidak semua orang memahami bagaimana cara kerja linux dan bagaimana cara memanfaatkannya. Tentu beda dengan windows yang hampir setiap orang sudah mengenal sistem operasi yang satu ini, sehingga tidak diperlukan berbagai macam tutorial untuk mensetting server windows. Anda hanya perlu remote VPS windows anda, baik dengan remote desktop connection, VNC viewer, Team Viewer maupun aplikasi sejenis lainnya.

Untuk menggunakan VPS windows pun tidaklah sulit, anda hanya tinggal install aplikasi yang dibutuhkan dan kemudian membukanya untuk anda gunakan. Anda bisa atur sana sini dengan tampilan GUI yang friendly sehingga saya yakin semua orang akan mengerti bagaimana menyesuaikan pengaturan dengan kehendak mereka.

Sedangkan dalam VPS linux, anda mungkin akan dipusingkan dengan berbagai macam command, sehingga kemungkinan para pemula yang belum pernah menggunakan VPS linux akan merasa bingung dan pusing, belum lagi keberagaman distro linux yang sangat banyak mungkin akan semakin melemahkan mental pemula untuk mulai mempelajari VPS linux.

Saat ini linux sendiri memiki banyak sekali distro. Dari sekian banyaknya distro tersebut yang paling terkenal adalah ubuntu, debian dan centos. Kebetulan ke tiga distro ini merupakan distro yang paling mudah kita temukan tutorialnya dan paling banyak digunakan oleh pengguna VPS Linux.

Adalah situs dedeerik.com merupakan situs penyedia tutorial menggunakan VPS, baik linux maupun windows, baik centos, debian maupun ubuntu. Semuanya dikupas secara lebih rinci disana. Jika anda pemula anda tidak perlu takut karena jika ada kemauan pasti akan ada jalan. Salah sau jalannya adalah belajar di situs tersebut.

Lalu apa manfaat VPS?

Menggunakan VPS itu seperti layaknya anda menggunakan komputer pribadi anda, jadi apapun yang ingin anda lakukan dengan VPS tersebut pasti bisa asal sesuai saja dengan sistem operasi dan ketersediaan programnya.

Beberapa manfaat yang didapatkan melalui VPS seperti, torrent leech untuk mendownload file-file torrent, cara kerjanya mirip dengan zbigz. Dengan torrent leech inu anda tidak perlu lagi menyewa layanan zbigz diatas 10 dollar perbulannya untuk mendapat full speed download, cukup gunakan saja VPS anda seharga 5 USD atau kurang saya yakin anda akan bisa mendapat speed yang sangat maksimal.

Web server. Bagi yang ingin mempunyai website professional sebaiknya anda gunakan VPS anda untuk ini, anda bisa mengatur menggunakan web server favorite anda, entah apache, nginx maupun yang lainnya. Tinggal install dan atur saja, website anda dapat online 24 jam non stop.

Mail server. Mungkin anda pernah bermimpi untuk memiliki email dengan domain anda, tapi tidak mau membeli layanan orang lain yang harganya mungkin lumayan mahal. Solusinya adalah anda buat mail server di VPS anda, anda bebas mau membuat email berapa dan namanya apa saja tinggal create saja dan anda tidak perlu mengeluarkan uang anda sedikitpun.

Hosting. Sudah pasti bisa, anda bisa menyimpan file-file website anda di VPS anda, file-file download dan file-file lainnya yang mungkin ingin anda akses melalui browser. Dengan menjadikan VPS anda sebagai hosting, tentu saja jika anda ingin membuat website tidak perlu lagi sewa hosting. Lebih hemat bukan?

Proxy. Butuh proxy elite untuk mengatasi blokir dari ISP atau untuk keperluan lainnya, tinggal buat saja dengan VPS anda, anda tidak perlu lagi sewa proxy atau menggunakan proxy gratis yang belum tentu memiliki kualitas yang baik.

Tunneling. Banyak yang menggunakan VPSnya untuk kegiatan yang satu ini. Anda pasti sudah tidak asing dengan internetan dengan SSH, yah itulah salah satu bentuk tunneling. Jika anda mempunyai jiwa bisnis, mungkin ini bisa anda gunakan untuk usaha sampingan sebagai penutup biaya sewa VPS bulanan anda.

Selain fungsi-fungsi yang dijelaskan diatas, sebenarnya masih banayk fungsi lainnya, seperti forex, mining dan lain-sebagainya. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan anda berkunjung ke http://www.dedeerik.com saya yakin anda akan mendapat banyak manfaat disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar